Image Background
header
Umum B  A  C  A  L  A  H !!
B A C A L A H !!
Alkitab adalah buku paling laku di dunia, dari sejak Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak pada tahun 1440 sampai saat ini. Bahkan kitab pertama yang dicetak oleh Gutenberg adalah Alkitab. Sampai bulan September 2016, Alkitab secara lengkap (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) sudah diterjemahkan ke dalam 636 bahasa. Kalau mau dihitung terjemahan per bagian-bagian Alkitab (terjemahan tidak secara lengkap), terjemahan Alkitab sudah ada dalam 3.223 bahasa. Inilah buku yang paling berpengaruh di dunia, buku yang paling dicintai dan dicari sekaligus paling dibenci dan ditakuti. Inilah juga satu buku yang benar-benar harus kita baca.
Beberapa dari sekian banyak keuntungan membaca Alkitab:
1. Alkitab adalah ‘petunjuk pemakaian’ untuk kehidupan umat manusia. Mazmur 119:105: Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Semua kita diberikan satu anugerah yang bernama kehidupan. Bagaimana caranya supaya hidup kita menjadi maksimal dan sesuai dengan kemauan dari Pencipta kita? Seperti banyak orang memiliki HP tetapi tidak pernah memanfaatkannya secara maksimal karena tidak pernah membaca buku petunjuk alias ‘user guide’ yang disediakan oleh pembuat HP, demikian juga banyak orang tidak maksimal dalam hidupnya karena tidak pernah membaca ‘user guide kehidupan’ dari Sang Pencipta: Alkitab. Alkitab menuntun jalan kehidupan kita.
2. Membaca Alkitab membuat kita mengenal Allah dan kehendak-Nya. Siapakah Allah, Bapa yang menciptakan langit dan bumi? Pertanyaan-pertanyaan terbesar dalam hidup manusia selalu menyangkut asal-usul kehidupan, hal-hal yang menyangkut Sang Pencipta dan ciptaan-Nya. Alkitab menunjukkan siapa Dia, seperti apa karakter-Nya dan apa kehendak-Nya untuk hidup kita semua. Contoh kehendak Allah yang bisa ditemukan di Alkitab adalah 1 Tim 2:1-4: Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, 2 untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. 3 Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, 4 yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.
3. Alkitab memperkenalkan kepada kita tokoh paling penting dalam sejarah umat manusia, Juru Selamat dunia: Yesus Kristus. Perjanjian Lama berbicara tentang Dia dan kedatangan-Nya. Perjanjian Baru menceritakan kisah kehidupan, ajaran-Nya dan karya-Nya. Nama-Nya dipakai untuk memberkati milyaran manusia. Orang-orang dilepaskan dari berbagai ikatan oleh kuasa nama-Nya. Para penulis Perjanjian Baru menuliskan pengalaman mereka dengan Yesus supaya para pembaca bisa mengenal Dia sebagai Mesias, dan dengan demikian memperoleh kehidupan kekal. Yoh 20:31: tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
4. Alkitab menjawab banyak pertanyaan manusia. Kenapa setiap manusia pasti mati? Kenapa ada kejahatan dan ketidakadilan di dunia ini? Dari mana kita berasal? Kemana kita akan pergi sesudah kita mati? Apa yang harus kita perbuat untuk mendapatkan hidup kekal? Bagaimana caranya hidup benar di dunia ini? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini mendapatkan jawabannya di Alkitab. Ayat pertama di kitab pertama di Alkitab memberikan pencerahan yang luar biasa: Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
5. Alkitab menjadi alat kita untuk memeriksa dan memperbaiki hidup kita sehingga kita bisa menjadi orang yang lebih baik. 2 Tim 3:16: Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
6. Alkitab menguatkan kita dalam menghadapi berbagai pergumulan kehidupan ini. Firman Tuhan akan memberikan pelajaran, pengharapan, ketekunan dan penghiburan buat kita semua. Roma 15:4: Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.
Jadi? Bacalah Alkitab: kitab paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia.
Catatan:
 Sekalipun ada banyak sekali manfaat yang luar biasa dari pembacaan Alkitab, mari kita ingat Alkitab bukan Tuhan Allah sendiri. Allah Tritunggal yang kita sembah adalah Bapa, Putera dan Roh Kudus BUKAN Bapa, Putera dan Alkitab.
 Kita diselamatkan bukan karena membaca Alkitab, tetapi karena kasih karunia melalui iman kita kepada Tuhan Yesus Kristus, seperti kata Rasul Paulus di Ef 2:8-9: Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
 Alkitab bisa disalahgunakan untuk berbagai hal oleh berbagai kelompok, baik untuk membenarkan perbuatan mereka ataupun untuk menyerang orang lain. Ini sudah terjadi, dari masalah perbudakan sampai kepada masalah poligami. Maka kita perlu terus memohon petunjuk dan bimbingan Tuhan dalam membaca Alkitab. Mintalah petunjuk kepada pembimbing rohani saudara kalau sdr ada pertanyaan atau bingung.
 Banyak tahu tentang Alkitab bisa saja membuat orang menjadi tinggi hati, merasa menang dari orang lain karena lebih tahu banyak tentang Alkitab. Semakin mendalami Alkitab, semakin rendah hati harusnya.
 Lebih baik membaca sedikit tapi melakukan apa yang kita baca, daripada membaca sampai hafal semuanya tapi tidak pernah melakukan apa yang dibaca.
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT