Image Background
header
Umum C  A  P  E  K
C A P E K
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
(1 Kor 10:13)
Capek deh…
Pernah dengar kata-kata ini? Atau, pernah mengucapkan kata-kata ini? ‘Capek deh’ adalah istilah yang dipakai oleh orang yang merasa bahwa upayanya sia-sia. Orang yang berbicara barangkali tidak terlalu capai atau capek. Dia cuma malas melakukan hal yang sama yang dia yakin tidak akan ada hasilnya.
Beda dengan kalimat lain yang berbunyi, “Aku sudah capek…” Ini biasanya diucapkan orang yang sudah mau menyerah karena tidak kuat menanggung beban, biasanya beban batin. Secara fisik, manusia kuat menanggung beban kerja berat. Yang sering membuat orang tidak kuat adalah beban batin. Beban fisik hilang dengan tidur atau istirahat. Beban batin justru membuat tidak bisa tidur.
Candy (Candace) Lighter adalah orang tua tunggal dari 3 anak: Travis dan kembar Serena dan Cari. Serena, ketika berumur 18 bulan, menderita cedera gara-gara mobil Candy ditabrak supir mabuk. Enam tahun kemudian, Travis juga ditabrak supir mabuk sampai mengalami cacat otak permanen. Supir itu tidak punya SIM, tapi tidak dihukum sama sekali atas perbuatannya.
Puncak penderitaan ibu ini adalah ketika Cari, umur 13 tahun, mau ke gereja dan ditabrak supir mabuk sampai meninggal. Tabrakannya begitu hebat sehingga Cari terlempar 40 meter. Saking hancurnya badan anak kecil ini, organ tubuhnya tidak bisa disumbangkan. Supirnya pingsan, lalu sadar dan kabur. Dia sudah menabrak 5 orang selama 4 tahun terakhir, selalu dalam keadaan mabuk, dan dia tidak pernah dihukum selama ini.
Nah… sekarang bayangkanlah seandainya anda menjadi Candy. Itu baru namanya ‘capek!’
Apa yang anda lakukan ketika anda capek? Marah sama Tuhan? Mau mati saja? Kabur?
Candy Lightner memutuskan untuk fight. Pada hari Cari meninggal, Candy membuat satu janji: “Saya akan berjuang untuk membuat kematian yang tidak harus terjadi ini menjadi satu hal yang positif.”
Satu hari setelah Cari dikubur, Candy diberitahu bahwa ada kemungkinan supir pembunuh itu akan lolos lagi dari hukuman. Pada hari itu, Candy mendirikan organisasi bernama MADD (Mothers Against Drunken Driving/Ibu-Ibu Menentang Menyetir Dalam Keadaan Mabuk). MADD berkembang dan didukung oleh Presiden Ronald Reagan. Ratusan ribu orang terselamatkan dari supir mabuk karena seorang ibu memutuskan untuk TIDAK MENYERAH.
Jangan menyerah! Kenapa? Karena: Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
Ayat ini memberitahu kita:
1. Pencobaan atau masalah yang kita hadapi bukanlah pencobaan atau yang istimewa atau spesial berat. Itu adalah pencobaan biasa, tidak melebihi kekuatan manusia. Masalah keuangan? Jutaan orang mengalaminya. Masalah rumah tangga? Jutaan orang mengalaminya. Anak meninggal? Jutaan orang mengalaminya.
Ini bukan mengecilkan pergumulan saudara. Saudara yang mengalami pastilah merasakan beban berat. Tapi Paulus mengajak saudara untuk tidak terjebak ke dalam keputus-asaan, seolah-olah masalah kita ini tidak ada jalan keluar. Nabi Elia di Perjanjian Lama merasa putus asa dan yakin bahwa hanya tinggal dia sendiri yang masih beriman kepada Tuhan. Padahal kenyataannya tidak demikian.
2. Allah itu setia. Dia tidak akan meninggalkan kita. Dia sebenarnya mengawasi kita, supaya masalah kita tidak melebihi kekuatan kita. Tetapi kita sering kali terlalu fokus kepada masalah kita sehingga tidak melihat kepada Dia, sumber pertolongan kita.
3. Allah pasti akan memberikan jalan keluar. Tetapi jalan keluar itu dia berikan pada waktu yang paling tepat dalam pandangan Dia. Kalau menurut kita, lebih baik hidup kita tanpa masalah dan pencobaan. Tetapi rupanya dalam pandangan Allah, kita perlu mengalami masalah. Sehingga kata Paulus, Allah tidak akan menghilangkan masalah kita, tetapi akan memberikan kekuatan sehingga kita dapat menanggung masalah kita.
Jadi? Jangan menyerah. Hadapi masalahmu, tantanganmu, dengan iman percaya kepada Dia yang setia dan sanggup menolong kita!
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT