Image Background
header
Umum J  A  N  J  I  (2)
J A N J I (2)
Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
(Yer 29:10-11)
Janji adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan kita, terutama ketika kita sedang di lembah kelam. Janji memberikan pengharapan akan sesuatu yang indah di depan. Karena itu dia sanggup menguatkan orang-orang yang sedang mengalami kesusahan.
Alkitab berisi banyak janji-janji yang luar biasa bagi umat Allah (7.487 janji). Dan yang luar biasa adalah bahwa Dia selalu menepati setiap janji-Nya tepat pada waktunya.
Salah satu janji yang luar biasa adalah yang dinyatakan di Yer 29:10-11. Janji ini diberikan kepada Israel yang sedang mengalami kesengsaraan yang paling berat yang bisa dialami oleh suatu bangsa:
1. Kalah perang melawan Babilonia.
2. Menjadi tawanan perang. Sudah kalah perang, masih ditawan lagi. Mereka dibawa menyeberangi gurun pasir ke negeri asing.
3. Yerusalem dihancurkan. Kota kebanggaan mereka sekarang menjadi puing.
4. Negara sudah tidak ada, sekarang mereka adalah bangsa terjajah.
5. Bait Suci, tempat suci mereka, pusat kerohanian mereka, sudah dihancurkan oleh musuh.
Dalam keadaan demikian terpuruk, datanglah suara Tuhan melalui nabi-Nya, Yeremia, orang yang selama ini tidak mereka dengar. Yeremia menyampaikan janji Tuhan.
Sekalipun janji di Yeremia 29 ini adalah untuk Israel, tetapi pelajaran yang kita dapat dari mempelajari janji ini akan memberikan kita keberanian untuk percaya lebih lagi kepada Dia. Karakter Tuhan dan kuasa Tuhan terlihat jelas dari janji ini dan penggenapannya berpuluh-puluh tahun kemudian.
Tuhan berjanji akan mengembalikan mereka ke Israel. Tetapi tidak sekarang, nanti setelah genap masa 70 tahun. Apakah ini menghibur? Ini seperti berkata kepada orang yang minta tolong: Saya bantu, tapi ngga sekarang ya. Tunggu 10 tahun lagi… Seandainya saudara jadi orang yang minta tolong, apa saudara tidak jerit begini: ya ampun teganya… kalau ngga mau tolong bilang aja terus terang, jangan bilang tunggu 10 tahun,… kita keburu gepeng digencet masalah ini!
Tapi perhatikanlah: TUHAN TIDAK MAU MEMBERIKAN HARAPAN PALSU! Dia bekerja menurut prinsip tertentu. Israel harus menebus kesalahan mereka. Tuhan akan menolong, tapi setelah waktunya tiba, BUKAN sebelum waktunya tiba. Perhatikanlah janji TUHAN yang luar biasa ini.
Sebab Aku ini mengetahui…
Jaman now banyak orang, termasuk politisi, yang memberikan janji-janji manis tapi mereka bahkan tidak mengerti apa yang mereka janjikan! Tuhan tidak meraba-raba tentang rancangan-Nya bagi kita. Dia tidak memiliki pandangan yang kabur tentang rencana-Nya. Dia memiliki rancangan yang jelas yang Dia ketahui dengan baik. Dia bukan, istilah orang, sambil lari menjahit celana!
Rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan…
Mari kita percaya bahwa Tuhan kita mengasihi kita dan ingin memberikan yang baik buat kita. Tidak ada dalam diri Tuhan setitikpun kejahatan. Semuanya akan menjadi indah pada waktunya. Kata Rasul Yakobus:
Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.
Dia tidak pernah berubah dalam hal kebaikan-Nya.
Hari depan yang penuh pengharapan.
Masa depan saudara cerah di dalam Tuhan! Saudara bukanlah orang-orang yang dilanda keputusasaan. Putus asa tidak ada dalam kamus kita. Yang ada hanya pengharapan yang kuat dalam Tuhan.
Ini bukanlah janji bahwa hidup kita tidak akan mengalami masalah. Ini adalah janji bahwa di dalam berbagai masalah itu, kekuatan dan kemenangan pasti akan diberikan kepada kita yang percaya! Amin!
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT