Image Background
header
Umum LOKAL TAPI GLOBAL (2)
LOKAL TAPI GLOBAL (2)
Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Mat 28:18-20)

Dalam tulisan di minggu lalu, saya menyatakan bahwa gereja harus memberikan dampak dalam keberadaannya. Visi GBI Putera adalah menjadi gereja lokal yang berdampak global. Dampak ini dimulai dari lokal dan berlanjut sampai ke level global. Bagaimana caranya supaya dampak ini bisa terjadi? Kita perlu melakukan 3 langkah ini:
1. Membawa pemulihan kepada pribadi-pribadi dan keluarga-keluarga. Setiap orang, tanpa terkecuali, memiliki pergumulan dan masalah kehidupan. Ketika seseorang datang ke GBI Putera, gereja ini bertekad supaya pribadi ini mengalami pemulihan dalam berbagai segi. Mungkin kesehatannya perlu dipulihkan; mungkin rumah tangganya yang perlu dipulihkan; mungkin keuangannya atau bisnisnya; mungkin juga hubungannya, baik dengan diri sendiri, orang lain maupun dengan Allah.
2. Membangun suatu jemaat yang kuat dalam Firman dan Roh. Seperti yang saya nyatakan di artikel minggu lalu, ukuran tidak menentukan dampak. Dampak hanya bisa terjadi melalui kualitas jemaat. Karena itu, jemaat GBI Putera harus kualitas yang didapatkan melalui kekuatan kita dalam Firman Tuhan dan kuasa Roh Kudus. Jemaat harus bertekun dalam Firman, dan hidup sesuai dengan Firman. Jemaat juga harus mengenal pribadi Roh Kudus dan berjalan dalam pimpinan Roh.
3. Memperlengkapi dan mengutus setiap orang yang sudah dipulihkan untuk menjadi alat Tuhan membawa pemulihan bagi orang lain. Setelah jemaat dipulihkan dan dikuatkan dalam Firman dan Roh, maka kita tidak berhenti di situ saja. Sekarang kita merelakan diri kita dipakai Tuhan.
Kalau saudara tidak siap untuk memberi diri dipakai Tuhan, kalau saudara hanya mau menjadi konsumen dan bukan kontributor atau kolaborator (artikel minggu lalu), maka saudara tidak cocok di gereja ini.
Bagaimana caranya supaya 3 hal ini bisa kita terjadi? Kita melakukan 5 hal yang kita sebut dengan MISOP:
1. Pelayanan Misi: menjadi berkat bagi masyarakat dalam bentuk nyata, melalui karya sosial kita. Contoh kecil: anak-anak muda di GBI Putera melakukan kunjungan sebulan sekali ke satu panti jompo. Kunjungan ini berlangsung selama 6 bulan.
2. Pelayanan Ibadah: baik itu umum atau khusus (kelompok umur dll) dengan ciri-ciri berikut:
 Pujian penyembahan yang penuh pengurapan
 Pemberitaan Firman Tuhan yang mengubahkan hidup
 Pelayanan pribadi yang penuh kuasa
 Suasana ibadah yang penuh sukacita
 Sarana ibadah yang mendukung
3. Pelayanan Strategis: pelayanan di luar ibadah raya yang bersifat memberdayakan berupa: seminar, training, workshop, konseling, retreat, SOM, web ministry, doa
4. Pelayanan Oasis: pelayanan kelompok sel (komsel) di tengah minggu untuk membina kerohanian jemaat dan berbagi kehidupan.
5. Pelayanan Pastoral: pelayanan pribadi kepada jemaat yang mengalami transisi kehidupan (kelahiran, sakit, kematian dll) ataupun tekanan kehidupan, sehingga jemaat diberdayakan untuk kuat menghadapi tantangan kehidupan.
Apakah semua ini sudah kita capai? Belum.
Kita semua perlu bekerja keras sehingga visi gereja ini bisa tercapai untuk kemuliaan nama Tuhan.
Semua kita perlu memeriksa diri kita, menyadari posisi kita, dan mengambil bagian kita dalam membangun tubuh Kristus ini.
Ada orang yang terbeban memberikan tenaga; ada yang terbeban memberikan waktu; ada yang terbeban memberikan harta mereka. Biarlah Roh Kudus yang menuntun kita masing-masing sesuai dengan kehendak Allah.
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT