Image Background
header
Umum P U A S A
P U A S A
14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" 15 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. – Mat 9:14-15

Haruskah orang Kristen berpuasa? Jawabannya sangat jelas dari kutipan di atas. Tuhan Yesus menyatakan bahwa setelah Dia (digambarkan sebagai mempelai) tidak bersama (dalam arti fisik) dengan murid-murid-Nya (digambarkan sebagai sahabat mempelai), maka murid-murid-Nya itu akan berpuasa.
Puasa adalah salah satu disiplin rohani yang perlu dilakukan oleh setiap orang Kristen. Tokoh-tokoh Alkitab menjadi teladan kita. Para nabi di Perjanjian Lama menyerukan puasa, Tuhan Yesus melakukannya, rasul-rasul menjalankannya, jemaat mula-mula ikut mempraktekkannya.
Puasa berkala dianjurkan oleh para praktisi kesehatan. Manfaat puasa sudah diteliti dengan mendalam. Seorang wartawan sekaligus dokter bernama Michael Mosley menulis buku berjudul ‘Eat, Fast and Live Longer’ (Makan, Puasa dan Hidup Lebih Lama). Dalam buku tersebut dokter ini menyebutkan berbagai manfaat puasa, antara lain: menurunkan berat badan, memperbaiki metabolisme tubuh, memperpanjang umur dll.
Puasa bermanfaat untuk tubuh manusia. Penyakit tertentu menyingkir, tubuh kita bertambah sehat. Rohani kita semakin menjadi kuat. Jiwa kita semakin tenteram. Pendek kata, tidaklah salah kalau kita dianjurkan untuk berpuasa.
GBI Putera menyerukan doa puasa bersama yang dimulai tgl 18 Juni sampai tgl 17 Juli 2015. Puasa dimulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Apabila sdr karena sesuatu hal tidak bisa mengikuti jam ini, sdr bisa melakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan sdr. Bagi para pemula yang jarang puasa, sdr dianjurkan untuk memulai dengan perlahan, umpama dengan menghilangkan salah satu jatah makan selama beberapa hari pertama.
Seluruh jemaat dianjurkan, tidak diwajibkan, untuk bisa mengikuti puasa ini sebisa mungkin. Kalau saudara hanya bisa berpuasa selama 3 hari saja atau I minggu saja, tidak apa-apa. Kalau saudara di tengah jalan terpaksa membatalkan puasa sdr, tidak apa-apa. Yang membawa kita ke surga bukan karena kita jago berpuasa, tetapi karena iman percaya kita kepada Anak Allah yang hidup, Yesus Kristus, Juru Selamat dunia.
Tetapi ada beberapa kelompok orang yang TIDAK dianjurkan berpuasa: mereka yang gula darahnya rendah (hypoglycemia), penderita diabetes, ibu-ibu yang sedang hamil atau menyusui, mereka yang dalam pemulihan dari sakit berat, penderita anorexia/bulimia (masih ada kondisi kesehatan lain yang tidak dianjurkan untuk ikut puasa. Apabila sdr tidak mantap, silahkan tanyakan ke dokter).
Manfaat puasa hanya akan terjadi apabila kita menambahkan jam doa di dalamnya. Tanpa doa, puasa hanya menjadi diet semata. Jadi, perbanyaklah doa selama puasa.
Manfaat puasa hanya akan terjadi juga kalau kita tidak semata-mata fokus kepada tidak makan saja, tetapi juga menguasai diri kita dalam hal-hal lain. Pada masa puasa ini, mari kita mengurangi hal-hal yang tidak terlalu perlu, seperti games, internet atau TV. Waktu yang ada dipakai untuk membaca Alkitab atau bersekutu dengan Tuhan.
Sama pentingnya dengan berpuasa adalah membuka puasa dengan benar.
1. Jangan terlalu memikirkan apa yang akan dimakan waktu buka puasa. Apalagi membuat perencanaan untuk makan ini dan itu. Fokusnya jadi ke makan, padahal itu yang mau ditaklukkan melalui puasa.
2. Jangan makan terlalu banyak dengan alasan sudah berpuasa seharian. Ini kesalahan pola pikir yang sering terjadi. Hakekat puasa adalah pengendalian diri, terutama soal makan. Kalau makan dengan gaya balas dendam, sdr sudah gagal berpuasa.
3. Di akhir masa puasa kita bulan depan, jangan langsung bikin pesta makan. Bahaya mengancam sdr yang makan terlalu cepat dan terlalu banyak. Semua manfaat puasa jadi hilang justru setelah selesai puasa. Mulailah makan lagi seperti biasa, tapi dengan perlahan.
Jadi, selamat berdoa puasa. Tuhan dan Juru Selamat kita yang hidup akan menguatkan sdr semua.
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT