Image Background
header
Umum S   A   L   I   B  (2)
S A L I B (2)
Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat, 23 tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan,
(1 Kor 1:22-23)
Salib bukanlah satu-satunya simbol kekristenan. Ada “Ichthus”, “Alfa Omega” dan simbol-simbol lain yang dipakai. Dia juga bukanlah simbol keagamaan yang paling tua. Tapi rasanya tidak ada simbol keagamaan yang lebih dikenal daripada salib.
Kata Rasul Paulus, orang-orang Yahudi menghendaki tanda. Apa artinya ‘menghendaki’? Kata ini, dalam bahasa Yunani, bisa juga diterjemahkan sebagai: meminta, menuntut. Kalau ada tanda, mereka akan percaya. Tanda apa?
Mat 16:4: Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus." Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.
Orang-orang Yahudi meminta tanda bahwa Yesus adalah Mesias. Masalahnya adalah: mereka meminta tanda menurut maunya mereka, bukan maunya Tuhan. Maunya mereka adalah Mesias segera membebaskan mereka dari penjajahan Roma. Mereka mencari Mesias yang berwujud panglima perang.
Orang-orang Yunani, sebaliknya, tidak menuntut tanda, tapi mencari hikmat. Memang orang Yunani suka filsafat, maka yang dicari bukanlah tanda yang jelas, tapi filsafat yang mantap. Mereka mencari Mesias yang adalah orang ‘pintar’ alias filsuf. Saya susah membayangkan Tuhan Yesus memberikan pembeberan filsafat kepada mereka sebagai bukti bahwa Dia adalah Mesias.
Yang diminta dan yang didapat ternyata berbeda. Apa akibatnya?
Yang Yahudi tersandung. Yang Yunani (non-Yahudi) bingung.
Yang disodorkan kepada baik Yahudi maupun Yunani adalah Kristus yang disalibkan, bukan tanda dan bukan hikmat.
Salib Kristus memang dari dulu sampai sekarang membuat orang-orang tertentu kecewa.
Apakah saudara juga mencari tanda dari Kristus? Cirinya adalah kalimat ini: Saya akan percaya kalau…
duit saya yang hilang bisa kembali.
sakit saya sembuh.
rumah tangga saya utuh lagi.
anak saya jadi baik.
Apakah saudara juga mencari hikmat dari Kristus? Cirinya adalah kalimat ini: masuk akal ngga ajarannya?
kok Tuhan-nya mati?
Tri Tunggal? Gimana jelasinnya?
agama ngga pake otak!
Yang mencari tanda akan tersandung, kecewa dan marah.
Yang mencari hikmat akan menertawakan dan meremehkan.
Kristen tidak perduli. Dia menawarkan Kristus yang disalibkan, bukan Kristus yang jenderal bintang empat atau Kristus yang dosen filsafat.
Disalibkan itu lemah. Disalibkan itu hina. Disalibkan itu kalah.
Tapi dalam kelemahan, kehinaan dan kekalahan itu ada kekuatan, kemuliaan dan kemenangan.
Disinilah yang mencari tanda perlu tahu: masalah manusia bukanlah penjajahan oleh manusia lain, tapi penjajahan oleh kuasa kegelapan. Masalah manusia bukanlah fisik tapi spiritual. Karena itu, jalan keluar masalah manusia bukanlah kekuatan fisik, tetapi kekuatan spiritual.
Yang mencari hikmat juga perlu tahu: masalah manusia bukanlah pengetahuan yang kurang luas atau pemahaman yang kurang dalam, tapi kemampuan atau kuasa yang tidak ada. Karena itu masalah manusia tidak akan pernah bisa selesai dengan wacana mendalam dalam bahasa mengawang-awang yang membuat pendengar kejang-kejang. Jalan keluar masalah manusia bukanlah pidato dan diskusi berhari-hari, tetapi tindakan nyata yang penuh kuasa.
Rasul Paulus bukanlah orang yang tidak bisa memberikan tanda. Dia bahkan sudah pernah membangkitkan orang mati.
Rasul Paulus bukanlah orang yang tidak bisa memberikan hikmat. Dia menunjukkan hal ini dalam khotbahnya di Areopagus, Atena (Kis 17:16-33).
Tetapi Rasul Paulus lebih memilih memberitakan Kristus yang disalibkan. Karena memang, itulah jawaban sebenarnya bagi mereka yang menghendaki tanda dan mencari hikmat.
Tidak ada tanda lain kecuali Kristus yang disalibkan.
Tidak ada hikmat lain kecuali Kristus yang disalibkan.
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT