Image Background
header
Umum T U J U H
T U J U H
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. – Ef 3:20-21
Puji Tuhan! Hari ini GBI Putera memasuki tahun yang ke tujuh. Untuk ukuran gereja, ini adalah umur yang masih sangat muda. Ini kata seorang gembala sidang yang sudah menggembalakan hampir 20 tahun kepada saya.
Angka ‘tujuh’ adalah angka penting di Alkitab. Menurut situs biblestudy.org, angka atau kata ‘tujuh’ muncul sebanyak 860 kali di Alkitab. Angka ini menggambarkan kelengkapan dan kesempurnaan. Adalah doa saya supaya GBI Putera bisa menjadi lengkap dan sempurna di hadapan Tuhan. Untuk itu, semua kita perlu ‘melayani keras’ (bukan bekerja keras), melakukan bagian kita dalam pekerjaan Tuhan ini. Salah satu bagiannya adalah memahami karakteristik GBI Putera.
Ada tujuh sifat/nilai dari gereja ini:
1. Focus on Change (fokus pada perubahan) – GBI Putera menerima semua orang, tetapi mau supaya semua orang mengalami perubahan: yang ngawur menjadi baik, dan yang sudah baik menjadi bertambah baik, sampai semua kita menjadi serupa dengan Yesus (Rom 8:29; 2 Kor 3:18). Jadi keberhasilan daripada pelayanan GBI Putera bisa diukur dari apakah terjadi perubahan dalam hidup jemaat.
2. Relationship Oriented (orientasi kepada hubungan) – Peraturan dan sistem adalah penting, harus ada dan dijalankan, tetapi di GBI Putera, hubungan lebih didahulukan daripada peraturan. GBI Putera meyakini bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa hubungan yang baik satu dengan yang lain. Karena itu kita mengupayakan supaya setiap orang berdamai (punya hubungan yang baik) dengan Allah Pencipta, dengan diri sendiri, dengan orang lain. Kasih menjadi perekat yang menyatukan (Mat 22:37-39; Kol 3:14) sehingga kita bisa mencapai rencana Tuhan bagi GBI Putera (Fil 2:1-4). Kita mengupayakan supaya setiap keluarga di GBI Putera mengalami pemulihan dalam hubungan sesama anggota keluarga; Kita mengupayakan sesama jemaat saling mengenal satu sama lain, merasakan kebersamaan sebagai satu keluarga Allah (Ef 2:19-20)
3. Empowerment (pemberdayaan) – GBI Putera meyakini setiap orang harus menjadi pelayan (every member is a minister – Ef 4:7-16). Kita menginginkan supaya setiap orang bisa melayani, karena itu kita berupaya memberi kesempatan kepada setiap jemaat untuk mengembangkan talenta dan potensi yang ada, dalam koridor visi dan misi GBI Putera.
4. Excellent Service (pelayanan yang unggul) – GBI Putera meyakini bahwa gereja dan pelayan Tuhan harus memberikan yang terbaik untuk pekerjaan Tuhan, baik dari segi alat, tempat, keahlian sampai kepada sisi manusianya. Tidak saja gedung bersih, tetapi greeters/ushers juga ramah. Tidak hanya alat bagus, tetapi keahlian pemusik juga bagus. Gereja ini ada untuk melayani. Dia harus menjadi unggul dalam melayani. Gelar paling hebat yang bisa kita terima adalah pelayan/hamba Kristus. (Yoh 13:1-17)
5. Openness (keterbukaan): GBI Putera menerima setiap orang tanpa memandang latar belakang baik suku/ras, pendidikan, keuangan. Keterbukaan ini didasari oleh Mat 11:28-30, dimana Yesus mengundang setiap orang yang berbeban berat untuk datang kepada-Nya. GBI Putera terbuka untuk setiap orang berdosa (Mat 9:13) (dan semua orang telah jatuh dalam dosa – Rom 3:23), asalkan orang itu bersedia berjumpa dengan Sang Juru Selamat dan diubahkan.
6. Reliance on the Holy Spirit (pengandalan kepada Roh Kudus) – GBI Putera meyakini bahwa semua hal di atas tidak ada gunanya tanpa karya, campur tangan dan pengurapan Roh Kudus. Karena itu semua kegiatan GBI Putera dilandasi dengan doa dan permohonan supaya Roh Kudus bekerja dengan leluasa. (Kis 1:8)
7. Growth as a result (pertumbuhan sebagai akibat/hasil) – GBI Putera percaya bahwa pertumbuhan gereja adalah sesuatu yang harus terjadi karena Bapa menghendaki semua orang diselamatkan (1 Tim 2:3-4) dan semua lidah akan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan (Fil 2:11). Pertumbuhan adalah sesuatu yang terjadi akibat/karena kita melakukan 6 hal di atas. Jadi pertumbuhannya adalah sesuatu yang sifatnya alamiah, tidak dipaksakan (karbitan), melainkan pertumbuhan yang sehat. Jadi kita tidak menjadikan pertumbuhan sebagai sasaran utama, melainkan sesuatu yang terjadi sebagai hasil dari berbagai hal yang kita lakukan dengan baik.
Di hari yang istimewa ini, saya sebagai gembala sidang mengajak semua anggota jemaat untuk berdoa bersama, bekerja bersama, dan melayani bersama untuk memajukan Kerajaan Allah di tengah dunia ini melalui pelayanan kita di GBI Putera. Maka Allah yang kaya akan rahmat, akan terus melimpahkan anugerah-Nya atas saudara dan saya. Amin!

Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT