Image Background
header
sermon notes DOA TDK DIJAWAB
DOA TDK DIJAWAB
7 ALASAN DOA TIDAK DIJAWAB



Bacaan: Mat 7:7-11

Setiap orang berdoa dengan pengharapan bahwa doanya dijawab. Kita berdoa karena kita diajar dan diajak dengan janji-janji yang indah. Tetapi setiap kita mengalami yang namanya doa yang tidak dijawab  trauma dgn doa: dari tidak mau berdoa lagi sampai mundur dari iman.
Persoalannya adalah: ada beda jauh antara janji dan realita.

JANJI:
- Minta pasti dikasih; cari pasti akan menemukan; ketok pasti pintu dibukakan
- Bapa di surga memberikan yang terbaik
- Janji lain banyak: minta apa saja dikasih; suruh gunung pindah, gunung akan pindah
- Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

REALITA: setiap orang memiliki doa yang tidak dijawab, termasuk Rasul sekalipun.

Kenapa doa TIDAK dijawab:
1. Yang diminta salah – Yak 4:3: Semua kita punya kehendak dalam doa kita, tp tdk semua yg kita kehendaki baik buat kita atau orang lain.
Yang dimaksud dengan memuaskan hawa nafsu: Segala hal yang kalau dikasih, akan melanjutkan atau memperkuat ikatan dosa atas diri kita. Apakah kita akan memberi kalau anak kita yang masih kecil minta pisau?
2. Belum waktunya – Pkh 3:1.Segala sesuatu ada waktu dan perlu waktu – jadi doa kita bukan TIDAK dijawab tapi BELUM dijawab.
3. Ada dosa – Yes 59:1-2. Kalau hidup belum beres adalah tidak fair mengharapkan Tuhan jawab doa kita, kecuali kalau doa kita adalah minta Dia mengampuni kita. Pada saat kita mengakui dosa kita dan minta ampun, pemisah antara kita dan Tuhan disingkirkan, dan doa kita dijawab.
4. Iman kurang – Mat 17:19-20. Murid-murid Yesus tidak bisa mengusir roh jahat karena iman mereka kurang. Iman = harus mantap. Keyakinan yg muncul krn: mengenal siapa Allah dan mendengar suara-Nya. Semakin kita bergaul dengan seseorang, semakin kita mengenal orang itu. Demikian juga dengan Bapa kita di sorga – apakah sdr memberikan waktu buat Dia dalam hidup sdr? Bukan hari Minggu – tetapi sehari-hari. Pernahkah Dia diajak konsultasi dalam langkah hidup sdr? Atau Dia hanya dipanggil kalau emergency?
5. Peperangan rohani – Dan 10:12-14. Daniel berdoa dan jawaban diberikan pada hari pertama. Tetapi di tengah jalan dari sorga, ada yang menghalangi sehingga jawaban tidak sampai ke Daniel. Penghalang itu adalah satu sosok yang disebut dengan ‘pemimpin kerajaan orang Persia’. Ini bukan berarti raja Persia yang manusia. Ini adalah roh jahat penguasa Persia. Doa adalah sesuatu perjuangan, pergumulan dan peperangan di alam roh.
Apa yang harus kita perbuat? Seperti Daniel, tidak berhenti berdoa.
6. Tidak disertai dengan puasa – Mat 17:21.
Puasa membawa kuasa. Dalam hal-hal ttt, sewaktu kita mendoakan pokok doa ttt, puasa bisa menjadi kunci dari suatu jawaban doa. Salah satunya kalau menyangkut peperangan rohani – seperti Daniel yang berpuasa. Peperangan rohani memerlukan kekuatan rohani. Kekuatan rohani muncul kalau daging dilemahkan, antara lain melalui puasa.
7. KARENA TUHAN PUNYA RENCANA DALAM HIDUP KITA… 2 Kor 12:7-10


Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT