Image Background
header
sermon notes Mengapa Berdoa?
Mengapa Berdoa?
Bacaan Alkitab: Mat 6:5-15:
Berbagai alasan orang tidak berdoa:
1. DOA ITU KUNO – doa dipakai oleh orang jaman dulu karena mereka hidup dalam kebingungan/ketakutan terhadap fenomena alam dan kehidupan. Akhirnya mereka menciptakan berbagai figur dewa dan tuhan yg sebenarnya tidak ada. Di jaman modern ini manusia sudah mengerti alam, jadi tidak perlu berdoa lagi.
2. DOA HANYALAH PELARIAN – orang tidak sanggup menghadapi berbagai tekanan dan masalah hidup, maka mereka lari ke doa dan tidak mau menghadapi masalah mereka.
3. TUHAN SUDAH TAHU APA YANG KITA BUTUHKAN TANPA KITA BERDOA SEKALIPUN, KARENA DIA TUHAN YANG BAIK, MAKA TANPA KITA BERDOA, KITA AKAN MENDAPATKAN APA YANG KITA BUTUHKAN
4. BANYAK ORANG TIDAK BERDOA, TAPI HIDUPNYA BAIK-BAIK SAJA – Pekerjaan mereka maju, bisnisnya berkembang, istrinya baik, anaknya manis, hidupnya sejahtera.
5. TERLALU SIBUK TIDAK ADA WAKTU UTK DOA.
6. DOA TIDAK ADA GUNANYA – orang-orang ini percaya keberadaan Tuhan. Mereka mungkin ke gereja, tetapi tidak percaya akan kekuatan dan kuasa doa. Karena sudah berdoa dan tidak ada jawaban terhadap doanya.
Semua argumen di atas kelihatannya bagus, tapi tidak benar.
1. Doa tidak kuno – kehidupan jaman modern justru menunjukkan doa semakin dibutuhkan. Manusia semakin memahami alam; ilmu pengetahuan bertambah. Justru dengan bertambahnya pengetahuan, manusia semakin mengenal Allah. Rom 1:20. Berbagai penelitian dilakukan tentang doa. Seorang dokter ahli radiologi, Andrew Newberg, melahirkan satu istilah: Neurotheology – teologi otak. Dia melakukan penelitian-penelitian tentang doa. Doa bukanlah hal yang kuno.
2. Doa bukan pelarian – doa adalah upaya mencari pertolongan. Sama seperti kalau listrik satu rumah padam, sdr telpon PLN, atau mobil sdr mogok, sdr bawa ke bengkel.
3. Tuhan sdh tahu apa yang kita butuhkan – benar sekali. Tapi sesudah itu Tuhan justru menyuruh kita berdoa: Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian:
4. Berdoa tidak berdoa sama saja – ya, kalau sdr mengira bahwa doa adalah semata-mata masalah meminta. Orang yang tidak berdoa bisa punya anak yang manis. Tetapi doa bukan masalah minta berkat, anak baik, istri manis, suami beres, duit melimpah, kesehatan prima. Doa lebih daripada semua itu. Lagi pula jelas bahwa ada beda antara orang berdoa dan orang tidak berdoa.
5. Terlalu sibuk, tidak ada waktu berdoa – Bill Hybels karang buku: Too busy NOT to pray – justru karena saya sibuk, maka saya harus berdoa.
6. KECEWA DENGAN TUHAN – Doa bukan berarti semua permintaan saya harus dituruti. Itu namanya MAKSA. DOA BUKAN MAKSA.
Kenapa berdoa:
1. KARENA DOA ADALAH KEHORMATAN – berbicara dan berdialog dengan Pencipta alam semesta, Pemilik segala yang ada, adalah kesempatan terhormat bagi setiap manusia.
2. MANUSIA ADALAH MAKHLUK YANG BERDOA – Jiwa manusia menuntut doa. Mau tidak mau kita berdoa. Manusia sadar akan kelemahannya dan kekerdilannya. Kadang dia sadar ketika dia melihat sesuatu yang besar dan agung – gunung tinggi/lautan luas. Atau dia disadarkan dalam satu peristiwa hidupnya bahwa dia ternyata tidak berdaya. Dia situ dia sadar dia kecil dan lemah, dan terbawa akan kesadaran akan sang Pencipta Tidak ada makhluk lain yang berdoa, kecuali manusia. Tentu sdr pernah melihat video yang saya tunjukkan ttg binatang berdoa; tapi mereka berdoa bukan dalam arti berdoa beneran, tetapi bergaya berdoa.
3. Karena musuh kita terlalu kuat untuk kita lawan sendiri – Ef 6:10-20:
Seorang Kristen harus memahami realita akan peperangan rohani. Setan tidak muncul terang-terangan. Dia bekerja dengan halus untuk membuat orang sakit, bahkan mati, dia membuat rumah tangga berantakan, manusia jatuh dalam dosa.
4. Karena doa terbukti – dari pengalaman dan kesaksian, doa ternyata dijawab.
5. Karena doa mengubahkan kita; doa bermanfaat buat jiwa – Yakub pulang kampung sambil berdoa supaya Allah mengubahkan abangnya Esau. Justru dia yang diubahkan dalam doa malamnya. Dr Andrew Newberg membuktikan melalui penelitiannya bahwa doa mengubahkan otak manusia dan hidup manusia.
6. Karena Tuhan Yesus memerintahkan kita untuk berdoa – Mat 26:40-41 di taman Getsemani; Alkitab penuh dengan kisah orang berdoa dan ajakan berdoa: Ef 6; Fil 1; Ini adalah perintah, bukan usul; kalau ada waktu; kalau sempat…
7. Karena Tuhan Yesus sendiri berdoa. Salah satu bagian kehidupan Yesus yang kita tahu adalah bahwa dari waktu ke waktu, Dia mengambil waktu untuk berdoa. Sdr dan saya tidak punya alasan untuk tidak berdoa, kalau Yesus saja berdoa. Sebab kakau ada satu sosok pribadi di dunia yang tidak perlu berdoa, maka pastilah YESUSlah orangnya. Tetapi Dia berdoa, dan mengajar dan mengajak kita berdoa.
6 alasan orang tidak berdoa, dan 7 alasan orang berdoa – kita punya lebih banyak alasan berdoa daripada tidak berdoa.

Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT