Image Background
header
sermon notes A M A R A H
A M A R A H
Kemarahan adalah pergumulan manusia di mana-mana, baik itu marah yang diungkapkan maupun marah yang dipendam. BOLEHKAN ORANG KRISTEN MARAH?
Boleh marah – Ef 4:26-27. Marah berbeda dengan dosa; marah belum tentu dosa.
Ada 455 x kata marah, murka dll muncul di PL. 375 x Tuhan marah. Yesus dicatat pernah marah.
Tapi kenapa ada ayat di Matius 5:22 tentang orang yang masuk neraka karena marah?
Marah yang dimaksud di sini adalah marah yang menginginkan orang mengalami hal yang tidak baik. Ada marah yang: lain kali lebih baik lagi ya. Tapi ada marah yang berkata: saya harap kamu mati saja…
Yang menjadi tantangan kita adalah marah pada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan motif yang tepat dan ukuran yang tepat.
Marah adalah suatu kebodohan – kenapa?
- merusak badan: tidak bagus untuk jantung; merusak jiwa: menghilangkan damai; merusak roh: bisakah sdr berdoa dalam keadaan marah?
- Hidupnya di tangan orang lain yang membuat dia marah. Kebahagiaannya, nafsu makannya, kedamaiannya akan terganggu tiap kali orang lain itu muncul, baik muncul secara fisik ataupun muncul dalam pikirannya.
4 LARANGAN SUPAYA MARAH KITA TIDAK MENJADI MARAH YANG SALAH:
1. Jangan marah lama-lama (Ef 4:26-27): Jangan tidur dalam keadaan marah – marah lama-lama atau memendam kemarahan = memberi kesempatan kepada Setan untuk bekerja dalam hidup kita.
2. Jangan memendam/menyimpan kemarahan (Ef 4:26-27): tipe ini tidak kelihatan marah, dia kelihatan sabar tapi tidak sabar asli. Kemarahan dia simpan dengan alasan orang Kristen tidak boleh marah… Suatu hari akan meledak dengan hebat.
3. Jangan cepat marah/pemarah (Yak 1:19: Am 14:17): dikit-dikit marah, karena hal sepele marah. Berarti kita sudah menumpuk kemarahan yang cukup lama dan banyak. Barangkali ada hal tertentu yang tidak disadari yang mengganggu tapi kita tidak sadar.
4. Jangan mengumbar kemarahan/marah tak terkontrol (Am 14:29). Beberapa orang merasa kemarahan lebih baik dilampiaskan daripada dipendam dan membawa penyakit. Alkitab menganjurkan kita jangan mengumbar amarah.
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT