Image Background
header
sermon notes ROH KUDUS MENGUBAHKAN
ROH KUDUS MENGUBAHKAN
Yeh 36: 24-28:
Apakah ada sesuatu dalam diri bapak/ibu sekalian yang masih perlu diubah?
Yeh 36 menunjukkan bahwa ALLAH MAU KITA SEMUA MENGALAMI PERUBAHAN.
Untuk itu:
1. Ay 24: Dia mengambil inisiatif. Dia tidak menunggu kita.
2. Ay 25: Dia membersihkan kita. Membersihkan adalah pekerjaan yang tidak enak. Karena selalu menyangkut kotoran – Allah tidak biasa melihat kenajisan. Tetapi demi kita, Dia mau turun tangan dan membersihkan kita.
3. Ay 26-27: Dia juga memperlengkapi kita dengan kuasa untuk kita bisa taat kepada Dia. Dia memberikan Roh-Nya untuk berdiam dalam diri kita.
SEKALIPUN kita menginginkan suatu perubahan, dan Allah mau kita berubah, ternyata perubahan bukanlah sesuatu yang gampang. Ada hambatan-hambatan yang menghalangi terjadinya perubahan dalam diri seseorang.
ORANG BUTA: ada orang yang tidak sadar dia perlu berubah atau tidak sadar apa yang perlu diubah. Apa yang dibutuhkan orang yang demikian supaya dia bisa berubah? Dia perlu pencerahan dan pengajaran supaya dia sadar.
ORANG BEBAL: ada orang yang sadar dia perlu berubah tapi dia tidak mau atau tidak siap berubah. Dia sadar yang dia perbuat ini salah tapi dia tetap melakukannya. Sering kali ini terjadi karena bagi dia yang dia perbuat itu, meskipun salah, ternyata nikmat buat dia. Atau ada manfaat lain. Barangkali untuk pelarian dari masalah. Apa yang dibutuhkan orang yang demikian supaya bisa berubah? Dia perlu kena suatu masalah besar.
ORANG BUNTU: ada orang yang sadar dia perlu berubah, mau berubah tetapi ternyata tidak bisa berubah. Yang menjadi masalah bukanlah kesadaran atau kemauan yang kurang. Apa yang dibutuhkan orang yang demikian supaya dia bisa berubah? Dia perlu kuasa yang sanggup mengalahkan ikatan dalam dirinya.
ORANG BEBAS: ada orang yang sadar dia perlu berubah, tahu apa yang harus dia ubah, dan mampu menjalankan perubahan itu.
ADAKAH HARAPAN BAGI KITA SEMUA YANG INGIN BERUBAH TAPI TERNYATA TIDAK BISA?
Pengalaman para Rasul memberi kita harapan. Mereka banyak kelemahan:
Orang tak dikenal (asal dari udik)/Ribut soal kedudukan (Yakobus dan Yohanes minta jabatan)/Sembarangan buka mulut (Petrus)/Tidak ada kasih (perempuan Sino Fenesia diusir)/Skeptis (susah percaya bahkan kepada perkataan Yesus)/Agak telat mikir (diajar soal penyaliban dan kebangkitan Yesus – baru sadar setelah terjadi)/Penakut dan tidak loyal (kabur waktu Yesus disalib)
Apa yang membuat mereka berubah? Jawabannya: Kuasa Roh Kudus (Yeh 36:27).
APA YANG ROH KUDUS UBAHKAN DALAM HIDUP KITA:
1. Kesaksian kita (Kis 1:8:) – Kesaksian kita menjadi efektif dan kita diberikan kuasa dan menjadi berani.
2. Doa kita (Rom 8:26-27: Roh Kudus menolong kita berdoa, karena sering kali kita tidak tahu bagaimana harus berdoa dan apa yang harus didoakan.
3. Kemampuan kita (1 Kor 12:8-10) – 9 karunia penyataan Roh Kudus. Kita melakukan hal-hal yang di luar kemampuan kita secara alamiah. Roh Kudus memberikan kepada kita karunia-karunia supranatural. Karunia ini diberikan supaya kita bisa menjadi berkat bagi orang lain – ‘untuk kepentingan bersama’.
4. Karakter kita (Gal 5:22-23:) – Apa itu karakter? Kumpulan sifat-sifat seseorang yang tercermin dari tindakan dan sikapnya sehari-hari. Karakter ini digambarkan sebagai ‘buah Roh’ – hasil karya Roh Kudus di dalam diri orang percaya. Seberapa pentingnya karakter? Pada saat kita menghadap Tuhan, pujian Tuhan kepada kita bukanlah berapa juta orang sudah kita sembuhkan atau mendengar khotbah kita, tetapi ‘sungguh bagus, hamba yang baik dan setia.’ Di Yehezkiel 36, jelas sekali ada perubahan terjadi ketika kita menerima Roh Kudus. Perubahan itu ada pada tingkah laku kita.
Mari kita kembali kepada arah yang benar – kita DIUBAHKAN oleh Roh Kudus, DIARAHKAN oleh Roh Kudus, DIPAKAI oleh Roh Kudus.

Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT