Image Background
header
Umum B  I  N  G  U  N  G
B I N G U N G
Nah, apa gunanya orang-orang arif itu? Apa gunanya mereka yang berilmu? Apa gunanya ahli-ahli pikir dunia ini? Allah sudah menunjukkan bahwa kebijaksanaan dunia ini adalah
omong kosong belaka! (1 Kor 1:20 BIS)
Dunia hari-hari ini penuh dengan orang bingung.
Para pengusaha bingung bagaimana harus bertindak terhadap krisis ekonomi, perang dagang, kurs mata uang naik turun, perubahan perilaku konsumen, perdagangan online.
Para pekerja bingung dengan perubahan dan ancaman dari mesin AI (Artificial Intelligence = Kecerdasan Buatan). Beberapa tahun lagi, mobil tidak perlu sopir dan pabrik tidak perlu buruh.
Para politisi bingung dengan sesama politisi, banjir hoaks, perang, imigran gelap, terorisme, aliran ekstrim.
Ibu rumah tangga bingung dengan tempe setipis kartu ATM yang dibungkus dengan sachet oleh Bi Narti.
Orang tua bingung sama anak; anak bingung sama orang tua. Pendeta bingung sama jemaat; jemaat bingung sama pendeta.
Kebingungan dan kegamangan adalah ciri khas jaman ini. Perubahan yang begitu cepat membuat orang-orang paling pintar sekalipun tidak berani memberikan jawaban pasti. Ketika kita bertanya, mereka malah balik bertanya, “Apa hak anda bertanya demikian? Apa hubungannya dengan anda?” Nahh…bingung kan…??
Jadi, kalau saudara sekarang bingung, jangan bingung kenapa saudara bingung. Itulah tanda saudara hidup di abad 21.
Ketika orang bingung, kemana dia harus mencari jalan keluar atas kebingungannya itu?
Ada beberapa pilihan:
Yang pertama, ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi sudah dianggap sebagai tuhan oleh sebagian orang. Google sekarang sudah maha tahu. Apapun pertanyaanmu, jawabannya di ‘google aja’. Tapi boss Google menolak hadir ketika dipanggil oleh Kongres AS, padahal boss Facebook dan Twitter hadir. Kongres AS memanggil mereka karena platform (program) mereka diperkirakan dipakai oleh pihak luar untuk mempengaruhi pilpres AS, tanpa setahu mereka. Jadi Google juga gagal sebagai tuhan. Dia tidak maha tahu, buktinya dia bisa ditipu.
Yang kedua, kuasa supranatural. Dukun, ‘orang pintar’, paranormal masih laku juga di abad 21 ini. Tentu saja penampilan mereka ikut jaman. Tidak lagi pakai suasana mistik, baju hitam-hitam, bakar kemenyan. Dukun jaman sekarang sudah pakai jas, email dan video call. Menurut perusahaan riset IBIS, dari tahun 2011 sampai 2016, bisnis jasa paranormal naik 2.4%. Uang yang beredar di dunia jasa perdukunan adalah US$ 1.9 milyar atau hampir Rp 30 trilyun.
Apa nggak bingung kita membacanya?
Pada tahun 2015, majalah bisnis terkenal, Fortune, menulis tentang dukun bisnis yang sehari bayarannya sampai US$ 10.000 atau Rp 150 juta. Per hari!
Steve Jobs, almarhum boss Apple, punya suhu spiritual berupa seorang yang masuk kategori Zen Master.
Bahkan boss-boss di Google pun memakai jasa dukun bernama Robert Ohotto!
Kenapa mereka memakai jasa dukun? Karena mereka bingung!
Tapi, nah ini, para pengusaha dan eksekutif ini tidak mau orang tahu mereka pakai dukun. Malu! Dan sebagian dukun juga dituntut ke pengadilan karena mereka ternyata bohong. Jadi dukun juga gagal.
Yang ketiga, hikmat Tuhan. Tuhan adalah tempat bertanya. Tapi kenapa tidak banyak orang bertanya kepada Dia? Karena mereka yang percaya bahwa Tuhan itu tuli, atau tidak perduli dan tidak mendengar sama sekali. Gusti sare. Tuhan tidur.
Alkitab memberikan gambaran yang berbeda. Tuhan tidak tuli, tidak tidur. Dia membimbing umat-Nya yang mengandalkan Dia.
Am 2:6: Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.
Am 3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
Yer 29:13: apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,
Jadi, di tengah-tengah kebingungan dunia, mari kita dengan sungguh-sungguh mencari Tuhan dan menemukan kehendak-Nya. Semua kebingungan sirna ketika Tuhan bicara.
Footer
Wisma Achilles Lt 6, Jl Panjang No.29, Kedoya – Jakarta Barat | Phone: (021) 58908595,Fax: (021) 58357514 | Email: admin
@gbiputera.org©2015 GBI Putera. All Rights Reserved.
Jasa Pembuatan Website By IKT